Blackberry dikembangkan oleh sebuah perusahaan canada yang hingga saat inipun, tidak banyak orang
yang mengetahui namanya. Sangat berbeda denga Nokia dan Motorola
ataupun microsoft yang namanya dikenal luas, pembuat blackberry adalah
perusahaan yang bernama Research in Motion.
Didirikan
oleh seorang imigran yunani di kota waterloo, kanada. Pendiri Research
in Motion, Mike Lazaridis dilahirkan di Turki, membangun sebuah pemutar
rekaman dsi Lego pada umur 4 (empat) tahun, sebuah radio pada umur 5 (lima) tahun, dan berkuliah di Universitas Waterloo.
Dia
memilihg drop out SETELAH memenangkan kontrak senilai 560 ribu US
Dollar. Para pesimis mengasumsukan bahwa pesaing besar akan
menenggelamkan produk blckberry dengan membanjiri pasar dengan produk
yang serupa. Namun hingga saat ini, tidak ada satupun perusahaan seperti
nokia, motorola atau bahkan microsoft yang sanggup membuat pesaing
blackberry.
Keunggulan blackbery adalah mempunyai penampilan yang
sangat bersabahat dan bisa selalu terhubung, jadi dimanapun anda, anda
bisa selalu mengakses email (saat ini Facebook, Blogging, dll dll).
Sejak peluncurannya pada tahun 1999, blackberry telah meraup lebih dari 8
juta pelanggan di seluruh dunia.
Sejalan dengan peningkatan
kemampuan layanan komunikasi seluler, blackberry pun ikut terangkat. Dan
dengan makin turunnya biaya komunikasi, pada akhirnya BlackBery menjad
sebuah fenomena (saat ini kayaknya di Indonesia juga lagi demam Blackberry, anak – anak muda mulai pakai alat ini yah buat nge-blog dan Facebook-an).
AWALNYA,
BlackBerry ingin dinamakan POCKET LINK sebuah nama yang fungsional tapi
membosankan, kemudian juga HAMPIR dinamakan STRAWBERRY, karena mirip
dengan buah strawberry, tapi terkesan terlalu jinak. Sehingga dinamakan
BLACKBERRY, nmaa yang akrab tapi cerdas.
BlackBerry masuk ke pasar
pertama kali dengan memfokuskan diri pada layanan e-mail gegas. Pada
awalnya, perangkat BlackBerry hanya memiliki layar monokrom, tetapi
sekarang semua modelnya sudah memiliki tampilan layar berwarna.
Saat
ini, RIM juga menawarkan layanan email BlackBerry untuk
perangkat-perangkat non-BlackBerry seperti Palm Treo dan Nokia E61,
melalui peranti lunak BlackBerry Connect.
Mengapa banyak orang
yang kepincut BlackBerry? Salah satunya adalah keunggulannya mengirim
dan menerima surat elektronik: secepat mengirim dan menerima SMS.
BB
pun menjadi gadget yang wajib dimilki oleh remaja-remaja yang inign
diakui ke-eksist-annya. Setelah serial Gossip Girl secara fenomenal
mempromosikan BB. Serial tentang kehiduppan anak-anak muda upper Class
Manhattan, Ney York-USA itu melabeli Blackberry sebagai lambang status
kelas atas. **
Tidak ada komentar:
Posting Komentar